Sabtu, 14 Maret 2015

Makna sebuah nama (#storymaman 2)

Hay sahabat

kali  ini  maman mau cerita sedikit (hanya sedikit) mengenai "makna sebuah nama  "




NAMA mungkin kedengarnya simpel tetapi tahukah anda orang tua kita memberi nama kita tidak asal tetapi butuh perjuangan lahir dan batin untuk memilih nama mana yang paling cocok untuk kita serta mempunyai makna yang paling dalam, saya  beri contoh ada nama SINDI yaitu singkatan dari nama Ibu dan Ayahnya ( Ibunya Siti dan Ayahnya Andi) ada juga Rani (ayah Rafi Ibu Neni), ada juga Ayanya Abas dan Ibunya Kokom jadi namanya anak BASKOM,  bukan itu saja banyak nama misalkan Cristiano Ronaldo saya kurang tau filosofi kenapa di kasih nama Ronaldo tapi yang jelas nama itu  keren kan ? iya keren karena dia dari Portugal coba Ronaldo dari Baubau pasti namanya berubah jadi La Ode Cristiano Ronaldo Ode jadi aneh kan, yang jelas nama itu selain menjadi cerminan hati seseorang juga merupakan doa yang sangat mendalam dari kedua orang tua kita yang ingin anaknya kelak menjadi orang yang membanggakan, maka dari dari itu sahabat #story jangan malu bertanya kepada Ke-dua orang tua atau orang terdekat mengenai makna sesunggunya nama kamu apapun itu. .

La Ode Maman Setiawan


Sekarang Maman mau membahas makna dari nama La ode Maman setiawan (nama saya sendiri ) Perkenalkan nama saya itu La Ode Maman Setiawan biasa dipanggil mencor (etsss) biasa di panggil MAMAN bukan MUMUN itu pocong (sekarang Maman Mumun), banyak yang  pertanyakan  kenapa namamu pake La ode sedangkan mukamu tidak menjurus kesitu (menjurus kayak wiro sableng yah) .

Saya juga tidak tahu pastinya kenapa ,  tapi setelah saya banting tulang, merantau dari negeri sebrang panjat gunung lewati hutan, hujan badai petir (kok jadi lebay gini)  untuk mencari tahu dan akhirnya saya mendapatkan sumber dari orang yang paling saya cintai yaitu Bapak dan Nenek ternyata jawabannya karena bapak saya juga pake marga La ode simpel sekali


Jadi mau tidak mau, suka tidak suka, enak tidak yah terima saja tetapi Mama saya itu bukan asli BauBau dan tidak punya marga La Ode etss maksudnya Wa Ode karena beliau bukan  tinggal atau berdomisili di Kota BauBau tetapi Beliau campuran berbagai suku sehingga membuatnya cantik indah dan asri (HATINYA PKK) begitu lah.

Walaupun saya bukan berdarah asli ( darah palsu efek GGS ini "aku butuh darah suci") iya lanjut walapun saya bukan asli buton tetapi hati dan jiwa saya tetap di BauBau Kota Kecil penuh sejarah dan kebudayaan yang tak pernah luntur seperti bedak tebal cabe-cabean .

Banyak yang bilang nama Maman itu kayak nama penjual somay atau mas-mas penjual martabak dan nasi goreng di pinggir jalan padahal kan sudah saya itu yang disebut. Terus "Setiawan" katanya pasaran sudah sangat banyak yang pakai nama itu di Indonesia, tapi seungguhnya teman itu mempunyai arti yang begitu dalam bagai laut yang lagi surut, "Setiawan" kedengarannya sederhana tapi mempunyai makna yang sangat dalam yaitu (SETIa kaWAN) itulah yang membuat saya mempunyai banyak teman dan tidak memilih-milih teman layaknya Ibu-Ibu yang lagi mencari pakaian RB (second) buka baru.

Maman juga mempunyai arti yaitu (MAnusia MANis) bukan Manusia harimau atau ganteng-ganteng srigala. Jadi saya bisa simpulkan bahwa orang tua saya memberi nama La ode Maman Setiawan dengan makna yaitu Laode (marga) Maman (Manusia Manis ) setiawan (Setia Kawan) jadi saya adalah "MANUSIA MANIS SETIA KAWAN" hahahaha walaupun malah sebaliknya.

Kenali arti nama kamu??

sekian dari saya Maman Setiawan
#StoryMaman
follow @man_setiawan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar