Selasa, 27 Januari 2015

Tempat-Tempat yang menjadi Obyek Wisata Kota BauBau

Kota Baubau (sebelumnya ditulis Bau-Bau) adalah sebuah pemerintahan kota di Pulau Buton Sulawesi Tenggara. Baubau memperoleh status kota pada tanggal 21 Juni 2001 berdasarkan UU No. 13 Tahun 2001. (lebih lengkapnya bisa dilihat http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Baubau .

Sebenarnya ada banyak sekali tempat yang mejadi  obyek wisata Kota BauBau, tetapi tidak bisa disebutkan satu-persatu, berikut adalah tempat yang paling sering dan paling ramai di datangi pengujung baik dari daerah setempat maupun luar daerah/Kota yang ingin menikmati panorama atau sekedar singgah melihat-lihat tempat wisata kota BauBau


1. Keraton Buton






Benteng Keraton Buton merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Kota BauBau. Benteng ini merupakan bekas ibukota Kesultanan Buton,  memiliki bentuk arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur/gunung. Benteng yang berbentuk lingkaran ini dengan panjang keliling 2.740 meter. Benteng Keraton Buton mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia  dan Guiness Book Record yang dikeluarkan bulan september 2006 sebagai benteng terluas di dunia dengan luas sekitar 23,375 hektare.
Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang yang disebut Lawa dan 16 emplasemen meriam yang mereka sebut Baluara. Karena letaknya pada puncak bukit yang cukup tinggi dengan lereng yang cukup terjal memungkinkan tempat ini sebagai tempat pertahanan terbaik di zamannya. Dari tepi benteng yang sampai saat ini masih berdiri kokoh anda dapat menikmati pemandangan kota Bau-Bau dan hilir mudik kapal di selat Buton dengan jelas dari ketinggian,suatu pemandangan yang cukup menakjukkan. Selain itu, di dalam kawasan benteng dapat dijumpai berbagai peninggalan sejarah.


2. Pantai Nirwana


Merupakan salah satu obyek di gemari dari kalangan anak-anak sampai orang tua,  pantai berpasir putih memanjang sekitar 4 km yang menghadap ke laut lepas, di mana wisatawan dapat menyalurkan hobi berolahraga air atau sekedar bersantai di suasana pantai yang hangat. Di sini, wisatawan dapat melepaskan lelah dan menikmati kenyamanan berlibur.
Pantai yang sudah jadi primadona di Kota BauBau ini, sangatlah mudah dijangkau. Dengan perjalanan darat, hanya sekitar 15 menit dari pusat kota Bau Bau, atau hanya beberapa menit dari Bandara Betoambari. Selamat berwisata untuk Anda semua.
Pantai ini juga memiliki pemandangan matahari terbaik, saat terbit “sunrise” maupun terbenam “sunset”.
Yang pasti, Pantai Nirwana menyajikan keindahan alam yang lengkap, di atas dan di bawah permukaan air laut.



3. Bukit Palatiga


Obyek Wisata ini merupakan puncak pegunungan yang terlek di Kantor Wali Kota BauBau. Selain di Benteng Keraton, juga yang tak kalah menariknya, adalah obyek wisata Bukit Palatiga. Di kawasan ini wisatawan dapat menyaksikan panorama Kota BauBau dengan leluasa dan pemandangan laut di sekitar perairan selatan Buton ditemani dengan anginn sepoi-sepoi yang menenagkan jiwa serta menjadi tempat asyik untuk ngumpul bersama teman-teman melihat matahari sore atau sekedar mencari gambar atau foto. Untuk mencapai lokasi ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan darat dan berjarak ± 2 km dari pusat Kota BauBau. Lokasi pada dataran tinggi dan bebas dari rintangan bangunan dan pepohonan menjadikan obyek wisata ini menyuguhkan panorama alam yang indah.

4. Lakasa

Obyek wisata gua Lakasa terletak di Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari, sekitar ± 9 km dari pusat Kota Bau-Bau. Untuk mencapainya wisatawan dapat melalui jalur darat. Obyek wisata ini sangat indah untuk melihat keindahan stalastik gua dengan air yang jernih dan dingin serta menjadi tempat yang indah bagi anda yang ingin mengambil gambar dan suasana horor. sebenarnya masih banyak lagi obyek wisata goa di Kota BauBau


 seperti Gua Ntiti dan Gua Kaisabu.


5. Permandian Alam Bungi

 Permandian Alam Bungi berjarak ± 8 km dari pusat Kota Bau-Bau yang dapat ditempuh melalui jalur transportasi darat dan laut. Obyek wisata ini menyuguhkan panorama air terjun bertingkat yang sejuk di bawah kerindangan pohon yang cukup rindang. Di beberapa bagian terdapat areal permandian yang cukup luas untuk berenang dengan kedalaman 1 sampai 4 meter. Disamping itu, suara gemercik air yang mengalur seolah-olah menjadi tembang alam yang sedap untuk dinikmati setiap wisatawan yang berkunjung.










6.Samparona


Obyek wisata ini terletak di Kecamatan Sorawolio, 13 km dari pusat Kota Bau-Bau. Untuk mencapai air terjun Samparona, wisatawan dapat menempuh dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak dan melewati sawah dan kebun penduduk serta hutan tropis yang cukup lebat. Obyek wisata ini berjarak sekitar 7 km dari tepi jalan poros Kabupaten/Kota Bau-Bau – Pasar Wajo. Air terjun dengan ketinggian hampir 100 meter ini cukup dengan debit air yang selalu besar, mampu menghilangkan rasa letih setelah berjalan jauh. Ditambah dengan suasana alam pegunungan menyuguhkan udara sejuknya dan hutan tropis yang masih asri yang berisi berbagai jenis burung.


7. Air Terjun Tirta Rimba



Obyek wisata Tirta Rimba berjarak 6 km sebelah barat pusat Kota BauBau, tepatnya terletak di Kelurahan Waruruma dan tidak jauh dari wisata lain yaitu bukit kolema . Air terjun yang tidak terlalu tinggi namun berada dalam kawasan Hutan Lindung merupakan daya tarik tersendiri pada kawasan wisata alam yang cukup natural ini. Di tempat ini wisatawan dapat berenang sambil mendengarkan suara burung dan deru angin di sela pepohonan dan dapat melakukan kegiatan jelajah sungai dan jelajah hutan serta terdapat banyak penjual jagung rebus  dan makanan-makanan khas daerah sekitar yang akan menemani liburan anda.

8. Pantai Kamali


Pantai Kamali terletak di jantung Kota Baubau di dekat Pelabuhan Murhum merupakan kawasan wisata kuliner pada malam hari. Menu yang disediakan beraneka ragam mulai dari snack hingga makanan berat dengan harga terjangkau. Pantai ini merupakan pantai kebanggaan masyarakat Baubau layaknya Pantai Losari milik Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Kawasan Boulevard milik Kota Manado, Sulawesi Utara. 
Pantai Kamali dapat diakses dengan menggunakan angkot, taksi, becak, dan kendaraan pribadi maupun sewaan. Fasilitas yang disediakan hotspot, arena bermain anak, bus wisata yang mengantar dari Pantai Kamali ke Benteng Keraton dan kembali ke Pantai Kamali, dan lantai refleksi. Di pantai ini pula terdapat Monumen Naga sebagai maskot Kota Baubau yang dimana Kepala Naga yang menadi sambunga dari Ekor naga yang berada di bukit palagimata. Tidak perlu membeli tiket untuk ke kawasan ini selain Pantai Kamali banyak sekali pantai lain yang bisa dijadikan obyek wisata di antaranya Pantai Lakeba, Pantai Kokalukuna, Pantai La Ombora dan lain-lain

sekian dari saya semoga bermanfaat  .. 
ld.mamansetiawan@gmail.com atau twitter https://twitter.com/man_setiawan
 

15 komentar:

  1. hahaha. . . kenapa bagian perkenalan tidak ada kotak konmentar ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah nanti broo . n lumayan banyak mi isinya blogmu di ...

      Hapus
  2. baru tau ternyata banyak wisata di kota baubau, jadi kepengen liburan disana. thanks infonya ...

    BalasHapus
  3. mantap ka artikel yg sangat menarik .. (y)

    BalasHapus
  4. Mantap bisa pulang kampung ni di buton

    BalasHapus
  5. mantap....sebagai salah satu media kampanye wisata ke Baubau.... #beautifulIndonesia

    BalasHapus
  6. wehh.. mantap bisalah pergi liburan...sambil selfi" :v

    BalasHapus
  7. coba km posting batu poppy bro

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Menurut Data yang sya rangkum dari para pecinta wisata tidak ada air terjun di buton yg airx abadi ktika musim kmarau jdi jika menulis tntang tmpat wisata prlu anda teliti dulu krna btpa kcwax turis jika ap yg d harapkn trnyta tdk ad

    BalasHapus
  10. kayaknya kalau udh bicara kota BAU-BAU ndak sah kalau gak berkunjung ke Gua Lakasanya nih bg, tempatnya itu loh bg bikin greget pengen kesana nih
    btw makasih buat infonya bg

    BalasHapus